Senin, 17 Desember 2012

Mengambil Sedikit Keteladanan dari Karakter Nobita.

Kenal dengan Nobita? Karakter terkenal dari serial kartun Doraemon asal Jepang.

Tokoh ini kerap digambarkan sebagai tokoh yang cengeng, manja, juga lemah berolahraga dan akademik. Tapi tahukah, kalau ternyata Nobita pun punya sisi yang bisa kita teladani.

Ah masa? Apanya yang diteladani? Perasaan Nobita tuh paling gak bisa dijadikan teladan deh.

Eits, kita bahas dulu yaa..

Secengeng-cengengnya Nobita, ia selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi teman-temannya. Nobita tidak pernah menjadi orang yang pertama memulai permusuhan. Meski ia kesal dengan Giant serta Suneo pun, mereka tetaplah berkawan. Bahkan di komik jilid pertamanya, meski telah dijahili Suneo, ia tidak berpikir tuk membalas sampai Doraemon 'mengompori'nya.

Nobita lemah dalam hal akademik ataupun olahraga, tapi kelemahannya itu tidak menyurutkan niat berkontribusi bagi sekitarnya. Selalu ada yang bisa ia kerjakan meski mungkin terlihat ada kekacauan.

Nobita memang manja, tapi ia sangat sayang pada orang tuanya. Coba lihat ketika ia berusaha memberikan hadiah natal tuk ayahnya yang selalu berdesak-desakan dalam kereta, ia membuat jalur kereta pribadi khusus ayahnya. Atau ketika ia membuat jalur simulasi mobil tuk ayahnya belajar menyetir. Dan banyak kebaikan lain yang Nobita lakukan untuk kedua orang tuanya.

Terakhir, Nobita mungkin dikenal di Bumi sebagaimana disebut di awal. Tapi tahukah bahwa penghuni planet dan bangsa lain menganggapnya pahlawan? Bahkan beberapa kali Bumi ia selamatkan. Hebatnya lagi, ia tak menuntut pamrih balas jasa. Tak juga ia mengungkit-ungkit kebaikan-kebaikannya.

So, itu sedikit sisi baik yang saya coba tulis dari seorang Nobita. Hanya agar kita bisa mengambil kebaikan dari mana saja, termasuk dari karakter Nobita.

Ambillah kebaikan meski mungkin sedikit atau kecil menurut kita, karena kita tidak pernah tahu amalan mana yang kan mengantarkan kita pada ridho dan jannahNya.

Ditulis dalam perjalanan menuju Jakarta, 17 Desember 2012.
Muhammad Ridho Fazri

1 komentar:

  1. Yang saya suka dari karakter nobita itu, dia sangat sayang dgn alam dan hewan.. Benar2 dijaganya.. Pohon.. Hewan.. Banyak kisahnya dlm film menggambarkan demikian.. :)

    BalasHapus